Selasa, 26 Maret 2013

Materi Geografi kelas IX

Bentuk dan pola muka bumi
A.    Bentuk-Bentuk Muka Bumi
       Untuk mengetahui secara jelas mengenai bentuk-bentuk muka bumi dalam suatu peta, maka symbol peta sangat diperlukan.
Symbol peta adalah gambar pengganti kenampakan-kenampakan dipermukaan bumi yang dipergunakan dalam suatu peta.

B.    Bentuk-bentuk muka bumi beserta penjabaran penampangan melintang daratan
     1.    Bentuk daratan
        a.    Dataran rendah
             Dataran rendah adalah dataran yang tingginya 0-200 m di atas permukaan air laut. Lapisan tanahnya horizontal. Dataran rendah di Indonesia pada umumnya merupakan dataran rendah alluvial, seperti lumpur, pasir, dan kerikil. Dataran rendah juga terbentuk dari endapan lahar dingin, ini terdapat di kaki gunung berapi. Bahan endapan yang disebabkan oleh aliran air disebut aluvium. Jenis-jenis dataran rendah dan hasil endapan yaitu dataran aluvial, dataran delta dan dataran banjir.
  1. Dataran aluvial, dataran ini terbentuk dari hasil sedimentasi yang berasal dari sungai yang menuju ke wilayah pantai berhadapan dengan laut dangkal, misalnya dataran pantai timur Sunatera, pantai utara Jawa, pantai selatan Kalimantan, dan pantai selatan Papua.
  2. Dataran delta, dataran rendah yang terjadi karena sungai mengendapkan hasil pelapukan di muara. Umumnya delta merupakan daerah endapan yang subur. Sebagai contoh di pulau Jawa (delta bengawan Solo, delta sungai Brantas), di pulau Papua (delta sungai Memberamo, delta sungai digul), di Sumatera (delta sungai batang hari, delta sungai musi, delta sungai Indagiri), di pulau Kalimantan (delta sungai Kapuas, delta sungai barito, delta sungai Mahakam).
  3. Dataran banjir, dataran ini tergenang air apabila sungai-sungai mengalami banjir. Pada musim kemarau dataran ini akan mengelami pengeringan.
       b. Dataran tinggi
           Dataran tinggi yaitu dataran yang terletak diantara gunung-gunung yang tingginya antara 2000-3000 m di atas permukaan laut. Contoh dataran tingggi antara lain di pulau Jawa (dataran tinggi Dieng, dataran tinggi Bandung, dataran tinggi Malang) di Sumatera (dataran tinggi Alas, dataran tinggi Toba, dataran tinggi Ranau).
       c. Dataran pantai
           Dataran pantai yaitu dataran yang terletak pada perbatasan antara daratan dan lautan. Bentuk daratan di pantai mengalami perubahan akibat sedimentasi dari daratan atau pengikisan air laut (abrasi).
       d. Gunung
           Gunung yaitu bentuk permukaan bumi yang menonjol tinggi. Gunung terdiri atas puncak (bagian atas), lereng (bagian tengah), dan kaki (bagian bawah).
       e. Pegunungan
          Pegunungan yaitu rangkaian dari gunung-gunung yang mempunyai ketinggian yang berbeda-beda. Pegunungan dapat dibedakan menjadi tiga yaitu:
  1. Pegunungan rendah, yaitu pegunungan yang tingginya antara 200-500 m dari permukaan air laut. Pegunungan jenis ini banyak terdapat di Kalimantan barat.
  2. Pegunungan menengah, yaitu pegunungan yang tingginya antara 500-1500 m dari permukaan air laut. Pegunungan jenis ini terdapat hampir merata di seluruh wilayah Indonesia.
  3. Pegunungan tinggi, yaitu pegunungan yang tingginya lebih dari 1500 m di atas permukaan air laut. Pegunungan ini sebagian besar terdapat di daera Papua yang tinggi puncaknya mencapai kurang  lebih 5.080 m yaitu gunung Jaya Wijaya.
        f. Lembah, yaitu daeratan yang panjang dan dialiri oleh sebuah sungai.
        g. Bukit, yaitu jenis pegunungan yang tingginya antara 200-300 m di atas permukaan air laut.     
        h. Tanah depresi, yaitu suatu daratan yang permukaannya lebih rendah dari permukaan air laut.
         i. Rawa,  yaitu dataran rendah yang selalu digenangi air dan biasanya ditumbuhi tumbuhan air. 
        j.  Peneplain,  yaitu bentukan hasil akhir tenaga eksogen terhadap dataran reendah dimana                   permukaannya miring atau menurun sangat landai kea rah laut.
    2.    Relief dasar laut
        Pada umumnya relief dasar laut mempunyai kedalaman yang berbeda-beda. Ada yang dalamnya kurang dari 200 m, misalnya laut-laut yang terletak di Dangkalan Sunda seperti Laut Jawa, Laut Cina selatan, dan di Dangkalan Sahul seperti Laut Arafuru. Dan ada juga yang dalamnya sampai ribuan meter, yaitu laut-laut yang terletak di Laut Tengah Austral Asia yang terletak diantara dua dangkalan tersebut seperti Laut Labanda, Laut Flores, Laut Seram, Laut Maluku, Laut Sulawesi dan Selat Makasar.
Berikut ini bentuk-bentuk relief yang bisa di jumpai di dalam dasar laut.
a.    Dangkalan (shelf)
     Self yaitu dasar pantai yang melandai kea rah laut dan dalamnya antara 16-550 m, atau kalau di rata-rata kedalamannnya di bawah 200 m. dasar laut ini sering juga disebut paparan benua atau selasar, contohnya: dangkalan sunda (laut Jawa, selat Karimata dan Laut Cina Selatan) dan dangkalan sahul (laut Arafuru).
b.    Palung laut (laut dalam atau trog)
     Palung laut yaitu lembah yang sangat dalam dan memanjang di dasar laut serta memiliki lereng yang curam. Contohnya palung yang terdapat di sebelah selatan pulau Jawa dan memanjang di sepanjang pantai sebelah barat pulau Sumatera.
c.    Alur-alur laut
Alur-alur laut yaitu relief dasar laut yang berupa lembah-lembah sungai yang mengalami pemenggalan.
d.    Lubuk laut
     Lubuk laut yaitu dasar laut yang bentuknya bulat celung seperti jambangan atau mangkok. Contoh lubuk laut yaitu lubuk laut Sulu, lubuk laut Halmahera, lubuk laut Silawesi, lubuk laut Aru, dan lubuk laut Sangihe.
e.    Gunung laut
Gunung laut yaitu gunung yang mulai dari dasar laut, puncaknya menjulang tinggi ke atas permukaan laut, contohnya: Gunung Krakatau di selat Sunda, Gunung Api di laut Banda.
f.    Punggung laut
     Punggung laut yaitu pegunungan di dasar laut yang punggungnya muncul di atas permukaan air laut, sehingga merupakan deretan kepulauan.
g.    Ambang laut
     Ambang laut yaitu dasar laut yang memncuat kemudian memisahkan antara perairan yang satu dengan perairan lainnya. Contoh: laut Sulu yang sebagian dikelilingi pulau-pulau, dan laut dangkal di laut Sulawesi yang dipisahkan oleh ambang laut yang ada di kepulauan Talaud.
  3.    Relief bentuk muka bumi di Indonesia
      Berdasarkan keadaan reliefnya bentuk muka bumi Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga wilayah yaitu:
a.    Bentuk muka bumi Indonesia bagian barat yang kemudian dikenal dengan dangkalan sunda, wilayah   daratannya meliputi pulau sumatera, pulau jawa dan pulau Kalimantan. Laut dan selatnya dinamakan dangkalan karena kedalamannya kurang dari 200 m. wilayah laut dan selatnya meliputi laut cina selatan, selat karimata, dan selat sunda. Batas wilayah dangkalan sunda bagian timur adalah makasar yang seolah-olah dibatasi oleh garis Wallace.
b.    Bentuk muka bumi Indonesia bagian tengah, daerah Indonesia bagian tengah wilayahnya berada diantara laut-laut dalam (laut Australia asiatis) yaitu laut banda, laut seram, laut Maluku, laut Sulawesi dan laut flores. Laut-laut diwilayah ini kedalamannya rata-rata lebih dari 200 m.
c.    Bentuk muka bumi di Indonesia bagian timur yang kemudian dikenal dengan sebutan dangkalan sahul. Wilayah dangkalan sahul  meliputi laur arafuru, pulau papua serta kepulauan aru. Batas antara bentuk muka bumi bagian barat dengan bagian timur dengan bagian tengah disebut gari Wallace, sedangkan batas bentuk muka bumi bagian timur dengan bagian tengah disebut garis weber.


C.    Pola dan bentuk objek geografis sesuai dengan bentang alamnya
    1.    Identifikasi objek geografi dalam ruang dan wilayah
        a.    Ruang
            Berdasarkan pengertian geografi secara umum, ruang diartikan sebagai keseluruhan permukaan bumi yang merupakan lapisan biosfer sebagai tempat hidup manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Berdasarkan geografi regional, ruang merupakan suatu wilayah yang mempunyai batas geografi , yaitu batas menurut keadaan fifik, social atau pemerintahan yang terjadi dari sebagian permukaan bumi dan lapisan tanah dibawahnya serta lapisan udara di atasnya.
        b.    Wilayah
            Suatu wilayah dalam pengertian geografi merupakan satuan alam yaitu yang serba sama, dan kesatuan manusia, yaitu masyarakat serta kebudayaannya yang serba sama yang mempunyai cirri (kekhususan) yang khas, sehingga wilayah tersebut dapat dibedakan dari wilayah yang lain.
    2.    Pola dan bentuk objek geografi sesuai dengan bentangan alamnya
Berikut ini beberapa pola dan bentuk objek geografi dalam penggunaan tanahdiwilayah pedesaan
a.    Pola dan objek geografi di wilayah pedesaan
     Wilayah pedesaan, menurut Wibberley menunjukkkan bagian suatu negeri yang memperlihatkan penggunaan tanah yang luas sebagai cirri penentu, baik pada waktu sekarang maupun beberapa waktu yang lampau.
Tanah di pedesaan sebagian besar dipergunakan bagi kepentingan social meliputi tempat berolahraga, beribadat, sekolah, pemukiman, dan berekreasi. Sedangkan kegiatan ekonomi meliputi kegiatan bertani, berkebun, berternak dan kehutanan.
b.    Pola objek geografi di wilayah pedesaan
  1. Pola pemukiman memusat yaitu rumahnya mengelompok menjadi satu sedangkan di sekitar perumahannya terdapat tanah pertanian, perkebunan, perternakan, kehutanan, pertambangan yang merupakan tempat penduduk bekerja atau mencari nafkah sehari-hari.
  2. Pola pemukiman memanjang yakni rumah perkampungannya memanjang kekanan kekiri jalan sepanjang sungai atau pantai. Untuk sepanjang sungai dan pantai biasanya dihuni penduduk yang sebagian besar bekerja di sector nelayan.
  3. Pola pemukiman terpencar yakni rumahnya terpencar menyendiri. Perkampungan ini banyak terdapat di Eropa Barat, Amerika Serikat, Kanada, dan Australia. Perkampungan pada pola ini biasanya hanya ada beberapa rumah petani yang terpencil tetapi lengkap dengan gudang, alat mesin, penggilingan gandum, lumbung, dan kandang ternak.

Benua dan Samudera
A.    Benua
     Benua merupakan daratan luas yang ada di muka bumi. Bumi kita terdiri atas enam benua yaitu, benua Asia, Amerika, Afrika, Australia, Eropa dan Antartika. Dari ke enam benua tersebut akan diibahas satu per satu, sebagai berikut:
     1.    Benua Asia
         a. Letak Benua Asia
             Secara astronomis, benua asia terletak antara 260BT-1700BT dan 110LS-800LS. Adapun secara geografis benua asia diapit oleh tiga benua, yaitu benua eropa, Australia, dan amerika. Benua asia juga dibatasi oleh tiga samudera, yaitu samudera hindia, pasifik, dan arktik. Batas-batas benua asia sebagai berikut:
Utara: samudera arktik
Timur: samudera pasifik, selat bering, dan laut bering
Selatan: samudera hindia dan benua Australia
Barat: pegunungan ural, laut merah, laut kaspia, selat bospurus, dan selat dardanela.
          b.    Karakteristik Benua Asia
  1. Benua asia merupakan benua terluas di dunia, yaitu 43.584.124 km2
  2. Banyak terdapat bangunan-bangunan yang merupakan keajaiban dunia, seperti tembok raksasa (Cina), candi Borobudur (indonesia), taj mahal (india), dan ka’bah (Saudi arabia)
  3. Terdapat Negara-negara yang mempunyai jumlah penduduk yang besar, seperti cina, india, Indonesia, Pakistan, Bangladesh, dan jepang
  4. Benua tempat lahirnya agama-agama besar, yaitu agama islam, Kristen, hindu, budha dan kong hu chu
  5. Terdapat pegunungan, gunung, dataran tinggi yang tertinggi didunia yaitu pegunungan Himalaya, gunung everest dan dataran tinggi Tibet.
  6. Benua yang terdapat laut yang terluas didunia yaitu laut cina selatan
  7. Benua penghasil minyak bumi terbesar didunia (Saudi arabia)
           c.    Kawasan benua Asia Tenggara
             1)  Malaysia
                 Luas Malaysia 330.434 km2 letak astronomisnya: 0052’LU-7022’LU, 99038’BT-119016’BT. Malaysia berbentuk serikat (federasi). Bentuk pemerintah adalah kerajaan yang tidak turun-temurun. Pemerintahan dikuasai olehseorang sultan dipilih untuk masa 5 tahun diantara sultan-sultan yang bergabung dalam federasi. Federasi Malaysia terdiri dari 13 negara bagian yang terbagi atas 2 bagian daerah:
  • Malaysia bagian timur: wilayahnya di pulau Kalimantan yang berbatasan dengan Indonesia dan terdiri dari dua bagian bekas jajahan inggris yaitu serawak dan sabah.
  • Malaysia bagian barat: wilayahnya disemenanjung Malaysia, terdiri dari 11 negara bagian dalam bentuk kesultanan. seperti: Trengganu, Negeri Sembilan, Kedah, Perlis, Malaka, Penang, Selangor, Johor, Pahang, Kerak dan kelantan
                Keadaan alam Malaysia barat bergunung-gunung, puncak tertinggi 2190 m (gunung tahan). Keadaan tanah tidak terlalu subur. Sungai pendek hanya sungai Pahang yang agak sedikit panjang.
Malaysia timur terdiri daerah serawak tidak vulkanis dan daerah sabah yang vulkanis kelanjutan sirkum pacific dan Filipina. Puncak yang tertinggi 4.175 m (gunung kinabalu) .
Malaysia beriklim AF yaitu daerah panas dan mendapat hujan sepanjang tahun sehingga merupakan huta hujan tropis. Walaupun tiap hari keadaannya lembab dan panas tetapi malam harinya sejuk karena pengaruh angin laut.
                Mata pencaharian penduduk Malaysia yaitu pertanian, pertambangan dan perdagangan.
Pertanian: penghasilan karet 40% hasil dunia, kelapa, kayu, singkong, beras.
Pertambangan: timah, bauksit, batu bara, besi, tembaga, dan emas.
Perdangan: beras, mesin-mesin, alat-alat transportasi, bahan kimia, barang-barang hasil industry, kayu, karet, kopra, timah, besi dan minyak.
             2) Brunei Darussalam
                 Pantai utara daerahnya relative datar dengan teluk Bruneinya. Disebelah baratnya terletak ibukota Brunei: Bandar seri Begawan. Perbatasan ujung selatan daerahnya relative kasar dengan ketinggian antara 1000-1500 m. daerah tersebut merupakan lereng pegunungan crocker. Daerah perbatasan sebelah barat dengan serawak mengalir sungai baram yang penting bagi lalu lintas.
Iklim di Brunei sama dengan iklim di Kalimantan. Di daerah pantai iklim laut, pada siang hari udaranya tidak terlalu panas dan pada malam hari tidak terlalu dingin. Beriklim panas (tropika). Brunei terletak disekitar garis khatulistiwa, oleh sebab itu merupakan daerah panas yang banyak turun hujan. Beriklim musim (muson), brunei dipengaruhi adanya musim hujan (oktober-april) dan musim kemarau (april-oktober).
              3)    Filipina
                    Letak astronomis Negara Filipina yaitu 4038LU-19035LU, 116057’BT-126036’BT. Filipina merupakan Negara kepulauan yang memiliki 7.000 buah pulau. Pulau-pulau besar seperti: P. Luzon, P. Mindanao, P. Panay, P. Samar, P.Mindoro, P.cebu, P.negros, P.palawan, P.Bohol. pegunungan yang melingkari Filipina merupakan deretan sirkum pasifik dengan puncak tertinggi gunung Apo 2954 m terdapat di P. Mindanao. Lembah-lembah dikelilingi oleh sungai-sungai agno dan auson. Disamping itu banyak terdapat danau misalnya danau laguna, danau bay, dan danau mainit.
Berdasarkan letak astronomisnya Filipina dipengaruhi iklim tropis. Disamping itu dipengaruhi juga oleh iklim muson. Perbedaan musim kemarau dan hujan jelas sekali. Pada bulan april-oktober bertiup angin muson barat daya yang mengakibatkan hujan. Pada bulan oktober-april bertiup angin muson timur laut sehingga di daerah Filipina sering terjadi angin taifun (angin puyuh laut).
              4)    Singapura
                    Negara Singapura terdiri dari sebuah pulau besar dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Keadaan reliefnya berbukit-bukit dan landai kearah pantainya. Kebanyakan sungainya pendek yang mengalir dari atas bukit-bukit. Singapura beriklim panas, lembab dan banyak turun hujan. Potensi hutan yang sangat terbatas menyebabkan pemerintah singapura benar-benar memperhatikan dan memelihara hutan yang ada.
Penduduk singapura bermata pencaharian pertanian, perindustrian dan perdagangan. Pertanian, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, padi, kelapa, dan tembakau. Sedangkan perindustriannya yaitu pabrik baja national steel, industry kapal, industry listrik, dan industry bahan-bahan kimia. Singapura merupakan kota perdagangan yang terbesar di Asia Tenggara dan pelabuhan Transito yaitu pelabuhan pembagi di Asia Tenggara. Impornya: bahan makanan, bahan dasar dan bahan baku dari pabrik. Sedangkan ekspornya: anggrek, ikan hias, dan semua produksi pabrik.
              5)    Thailand,
                   Letak astronomisnya diantara 5032’-20028’LU dan 97021’BT-105038’BT.
Bagian barat dan utara berbatasan dengan Burma, utara dan timur berbatasan dengan Laos, bagian tenggara dengan Kamboja, dan bagian selatan Malaysia. Bagian utara bergunung-gunung dengan puncaknya gunung Chieng Dao (2982 m)  dan gunung Doi angka ( 2581 m), dengan hutannya yang lebat. Bagian barat yaitu lembah Menam dialiri sungai Menam. Bagian timur dari dataran rendah dialiri oleh hulu sungai Mekong yang bermuara di Vietnam. Pada bagian ini berbatasan dengan Khmer terdapat dataran tinggi Korat. Bagian selatan merupakan dataran alluvium membujur sampai semenanjung Malaya.
Thailand beriklim subrtorpis dan tropis
Daerah bagian utara: udaranya lebih dingin, rata-rata curah hujan 150 cm tiap tahun
Daerah bagian timur mengalami musim kering, bulan November-februari yang dipengaruhi oleh angin dari daratan cina.
Daerah selatan mengalami musim hujan, bulan mei-oktober dari pengaruh angin muson samudera hindia dan musim panas paling kering bulan februari-mei.
            6)    Indonesia
                 Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Luas  Negara Indonesia mencakup 1.922.570 km2. Indonesia terletak diantara 608’LU-11015’LS dan 94045’BT-14105’BT. Indonesia merupakan bagian dari jalur pegunungan vulkanik. Sementara kondisi iklimnya mengalami musim kemarau dan penghujan.
Penduduk Indonesia berjumlah 241.973.880 jiwa. Kegiatan utama perekonomian rakyat Indonesia adalah bidang pertanian, perkebunan dan sebagian ada yang bermata pencaharian di sector perdagangan dan sector pariwisata.
             7)    Kamboja
                   Kamboja adalah Negara yang memiliki luas 1,5 kali luas dari pulau jawa. Kondisi fisik Negara kamboja sebagian besar wilayah kamboja berupa daratan rendah yang sangat subur. Negara kamboja dilintasi oleh sungai Mekong yang mengalir dari Negara laos hingga bermuara di Vietnam. Dibagian tengah Negara kamboja terdapat sebuah danau besar (tonle sap) yang merupakan daerah berair paling luas di Negara ini.
Berdasarkan letak lintangnya, Negara kamboja beriklim tropis. Sementara penduduk kamboja terdiri dari beberapa suku, yaitu suku khmer, cina dan Vietnam. Kegiatan utama penduduk tidak berbeda dengan Negara laos.
           8)    Myanmar
                 Luas Negara Myanmar cukup besar (hampir sebanding dengan pulau kalimantan), yaitu 676.578 km2. Jumlah penduduk Myanmar pada tahun 2007 adalah 42.909.464 jiwa.
Kondisi alam Myanmar bagian utara, berupa pegunungan tinggi yang merupakan bagian dari pegunungan Himalaya. Dibagian barat terdapat rangkaian pegunungan arakan yang memanjang dan berjurang dalam. Di bagian timur Myanmar terdapat daratan tinggi yang menjadi pemisah antara Myanmar dan Thailand.
Sekitar 80% penduduk Myanmar merupakan keturunan suku mongoloid dan selebihnya merupakan pendatang dari india, Pakistan dan eropa.
Kegiatan ekonomi penduduk Myanmar paling utama adalah di sector pertanian, perkebunan, pertambangan dan perdagangan.
           9)    Laos
               Laos adalah satu-satunya Negara kawasan asia tenggara yang tidak memiliki garis pantai atau wilayah laut. Luas wilayah Negara laos hampir dua kali luas pulau jawa. Bentang alam Negara laos sebagian besar merupakan pegunungan yang menjulang tinggi dan berteras-teras dengan hutan hujan tropis yang lebat. Wilayah laos bagian timur yang  berbatasan dengan Vietnam merupakan pegunungan dan berjurang (koldilera annam).
Berdasarkan lingkungan alam yang mempengaruhinya, Negara laos beriklim laut hangat yang dipengaruhi oleh angin musim. Musim kemarau di wilayah Negara laos terjadi di bulan November-april sedangkan musim penghujannya berlangsung antara bulan mei-oktober.
Penduduk laos terdiri atas beberapa suku, yaitu suku lao, suku pegunungan ()meo dan yao), kha, dan suku perbukitan (montagnard). Kegiatan ekonomi utama penduduk laos ada di sector pertanian, perkebunan dan perdagangan.

         d. Bentang Alam Benua Asia
            Bentang alam asia didominasi oleh sirkum mediterania  dengan puncak  gunung everest. Semenanjung  besarnya antara lain semenanjung arab (terbesar didunia), semenanjung India dan semenanjunga Malaka. Adapun daratan rendah tersebar dikawasan asia timur. Sungai besarnya antaralain sungai yang tse (5.520 km) merupakan sungai terpanjang di asia, sungan me hong (5.186 km), sungai hoang ho (4.672 km) dan sungai amur (4.509 km).
          e.    Iklim
              Di benua asia terdapat dua macam iklim, yaitu iklim matahari dan iklim fisis
1)    Iklim matahari. Benua Asia, jika ditinjau dari letak lintangnya dapat dibedakan menjadi empat daerah iklim, yaitu:
  • Iklim tropis yaitu daerah yang terletak pada daerah lintang 110LS-23,50LU
  • Iklim subtropis yaitu daerah yang terletak pada daerah lintang 23,50LU-400LU
  • Iklim sedang yaitu daerah yang terletak pada daerah lintang 400LU-66,50LU
  • Iklim dingin yaitu daerah yang terletak pada daerah lintang 66,50LU-770LU
2)    Iklim fisis. Jika ditinjau dari keadaan alamnya atau keadaan fisiknya, iklim Benua Asia juga dapat dibedakan menjadi iklim kutub yaitu terdapat di Asia Utara, iklim continental yaitu terdapat di Asia Tengah, iklim gurun yaitu terdapat di Asia Barat, iklim laut yaitu terdapat di Asia selatan, Asia Tenggara dan Asia Timur.

B.    Samudra
       Samudra merupakan kawasan laut yang sangat luas. Di bumi kita terdapat empat samudra yaitu, samudra pasifik, samudra atlantik, samudra hindia dan samudra arktik.
    1.    Samudra pasifik
          Samudra pasifik membentang dari pantai barat benua Amerika Utara dan Amerika Latin hingga pantai timur benua Asia (kepulauan Jepang, Filipina, Maluku, dan Papua) dan pantai timur benua Australia. Samudra pasifik dibagian utara berbatasan dengan laut bering dan laut okhots. Sebelah barat berbatasan dengan laut Cina Timur, laut Filipina dan laut Sulawesi. Sebelah selatan dibatasi laut koral dan laut Tasmania. Bagian timur dibatasi benua Amerika.
Samudra pasifik mempunyai kedalaman rata-rata 4.282 meter. Di dasar samudra pasifik kita jumpai berbagai palung laut, yaitu lembah sempit membentuk huruf V yang memanjang didasar laut. Palung tersebut yaitu palung izu dengan kedalaman 8.887 meter, palung mariana, tonga, kermadec, kurdil, Filipina, yapan, new Britain dan palung bonin.
Dikawasan samudra pasifik terdapat gugusan kepulauan Polynesia, mikronesia dan Melanesia yang jumlahnya ada ribuan pulau. Disamping itu, dikawasan samudra pasifik juga kita jumpai beberapa Negara berdaulat seperti Vanuatu, Fiji, Kiribati, Samoa, Solomon, Nauru, dan Tonga yang berada dikawasan Oceania.
Posisi samudra pasifik menjadi sangat penting bagi sektor ekonomi dan politik internasional. Kawasan-kawasan yang berbatasan dengan samudra pasifik merupakan Negara yang pertumbuhan ekonominya tergolong tinggi dan cepat perkembangannya. Oleh karena itu, mereka membentuk forum kerjasama ekonomi Negara-negara pasifik yang beranggotakan Amerika Serikat, Meksiko, Venezuela, Argentina, Australia, Papua Nugini, Filipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, Cina, Jepang, dan Korea Selatan.
Samudra pasifik merupakan samudra yang terluas didunia dengan luas 165.760.000 km2, serta dilalui garis penanggalan internasional dimana garis bujur barat dan garis bujur timur berimpitan yaitu melalui kepulauan Semoa
Ditepi samudra pasifik mengalir arus panas Kurosyiwo dan arus dingin Oyasyiwo yang bertemu di laut bering menyebabkan kondisi air laut sangat baik untuk perkembangan ikan laut. Dasar laut pasifik sering menjadi pusat gempa bumi, seperti di Jepang, Filipina, pantai Barat Amerika Utara dan Amerika Latin.
     2.    Samudra atlantik
         Samudra atlantik membentang dari pantai barat benua eropa dan benua afrika hingga pantai timur benua amerika utara  dan benua amerika latin. Dibagian utara berbatasan dengan laut utara di inggris, laut norwegia di eslandia dan laut lablador dekat pulau hijau (greenland). Dibagian barat berbatasan dengan laut karibia dikawasan karibia.
Samudra atlantik mempunyai luas 82.439.700 km2 dengan kedalaman rata-rata 3.350 meter. Posisi samudra atlantik penting bagi lalu lintas perairan dari pelabuhan-pelabuhan besar Negara-negara eropa menuju ke benua amerika, ke Negara-negara afrika di pantai baratnya, dan menuju Negara-negara asia setelah melewati tanjung harapan di afrika selatan.
Disamudra atlantik terdapat segitiga Bermuda yang terkenal karena daya gravitasinya yang besar atau menjadi pusat magnit bumi.
      3.    Samudra hindia
          Disebelah utara samudra hindia dibatasi oleh benua asia yaitu berbatasan dengan laut Andaman, laut arab, laut merah, benua Australia di sebelah timur, wilayah kutub selatan di bagian selatan dan benua afrika dibagian barat.
Fungsi utama samudra hindia yaitu menghubungkan Negara-negara di benua asia dengan Negara-negara yang berada di benua afrika. Di samping itu juga, untuk mengalirkan minyak bumi dari Saudi Arabia dan Negara-negara teluk lainnya ke Jepang dan Korea.
Wilayah samudra hindia berada di bagian wilayah garis bujur timur. Samudra hindia menjadi sumber air hujan bagi Negara-negara asia bagian tenggara dan selatan, serta bagian timur benua afrika. Samudra hindia jarang menimbulkan badai besar seperti samudra pasifik sehingga pelayaran relative aman. Pada dasar samudra yang berbatasan dengan benua asia terdapat pusat-pusat tumbukan antara lempeng asia dan lempeng dasar samudra sehingga menjadi daerah labil atau pusat gempa bagi Negara-negara asia, seperti Indonesia, india, afganistan dan iran.
      4.    Samudra arktik
          Samudra arktik terletak di sebelah utara benua amerika, benua asia, dan benua eropa. Batas dari arah barat ke timur berturut-turut yaitu, laut Greenland, laut norwegia, laut Barents, laut kara, laut Siberia timur, laut Chukchu dan laut beaufort. Secara astronomis kawasan samudra arktik terletak dibelahan bumi utara dari garis lintang 66,50LU-900LU. Samudra arktik merupakan samudra tersempit di dunia dengan luas 14.089.600 km2 dengan kedalaman rata-rata 5.441 meter.
Samudra arktik memiliki suhu permukaan paling dingin dibandingkan dengan samudra-samudra yang lain oleh karena letaknya yang paling jauh dari garis khatulis tiwa. Samudra ini menjadi satu-satunya samudra yang tidak dilalui garis khatulistiwa dan berbatasan langsung dengan kutub utara. Seluruh wilayahnya berada di garis lintang utara kutub utara (arktik) dan kutub selatan (antartika). Kawasan arktik merupakan daerah tempat tinggal suku Eskimo.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar